14 November 2008

Netbook,Pengembangan Notebook yang Memesona

Secara garis besar,netbook dapat di artikan sebuah laptop kecil yang di desain sebagai media komunikasi dan akses internet nirkabel. Hal ini sejalan dengan kata "net" pada istilah netbook,yang berarti internet. Oleh sebab itu,banyak perangkat keras yang di kurangi atau di ganti dengan komponen yang lebih ringan karena memang tidak untuk dipergunakan "bekerja" berat.
Netbook pertama kali diperkenalkan oleh intel pada bulan februari 2008 dengan membawa misi untuk menjadi sub notebook yang lebih murah dan kecil dengan kegunaan utama untuk menjelajah internet dan mengetik. Beberapa keunggulan netbook adalah mampu memberikan layanan web, e-mail, dan aplikasi produktivitas dalam media yang ukurannya tidak lebih dari sebuah buku agenda. Biasanya,bobot netbook kurang dari 1,5 kg, dimotori prosesor hemat daya dari intel atau VIA, memiliki layar 7"-10", memori 512MB-1GB, storage berupa hardisk atau SSD (solid state disk), dan lengkap dengan sistem operasi Windows atau Linux .
Melalui bentuknya yang mungil, netbook dapat dengan mudah Anda gunakan di mana saja.Namun, karena bentuknya inilah yang membuat netbook sedikit memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan ini dapat dilihat dari segi desain, performa prosesor, ukuran layar, dan kapasitas harddisk. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi,kelemahan-kelemahan tersebut pun perlahan-lahan terantisipasi dengan teknologi-teknologi baru yang memesona.
Dari segi performa prosesor, Anda memang tidak akan menemukan prosesor dual-core atau fitur discrete graphics pada netbook. Namun penggunaan prosesor Intel Atom N270(1,60 GhHz,5,33 MHz FSB,512 KB L2 cache), tampaknya sudah cukup memenuhi kebebasan bergerak(portabilitas), terutama bagi mereka yang suka mengakses internet.
Netbook memang berukuran kecil, jadi penting untuk memilih mesin dengan ukuran layar dan resolusi yang nyaman di mata Anda. Beberapa netbook yang menawarkan layar berukuran 7" (Asus Eec PC 4G), 8,9"(Acer Aspire One,Asus Eec PC 901), atau 10"(Asus Eec PC 1000H, Axio Pico,dan Lenovo IdeaPad S10) dapat menjadi pilihan Anda.
Selain itu, kebutuhan resolusi layar menjadi hal yang penting bagi netbook. Sebuah netbook dengan resollusi 800x480 pixel akan menuntut Anda menggulung-gulung ke arah samping(horisontal) ketika Anda ingin melihat halaman sebuah situs web secara utuh. Untunglah netbook yang muncul belakangan ini menawarkan resolusi 1024x600 pixel, sehingga menjelajah internet menjadi lebih mudah lagi.
Biasanya, semakin sering Anda berinternet, semakin besar kebutuhan media penyimpanan data. Terkadang karena kapasitas harddisk yang cukup terbatas, membuat Anda kesulitan untuk menyimpan berbagai macam berkas pekerjaan dan dokumen-dokumen seperti, koleksi berkas musik, film, dan foto. Namun, sekarang kebutuhan tersebut sudah terjawab seiring dengan hadirnya netbook Axioo Pico DJJ yang memiliki media penyiompanan dengan harddisk 2,5"HDD SATA up to 160 GB yang dapat menyimpan berbagai macam dokumen hingga 30.000-an ribu.
Perkembangan netbook yan semakin memesona memang dapat menjawab kebutuhan Anda dalam berkoneksi dan berkomunokasi via internet. Namun,terkadang bertemu muka orang secara langsung akan lebih baik daripada selalu mengandalkan teknologi.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger